Mengenal HRM (Human Resource Manajemen)

Human Resource Manajemen adalah bagaimana mengelola orang dalam organisasi sebagai resource yang penting.


Yang berhubungan dengan Sistem Sumber Daya Manusia:
  • HR Philosophy: menggambarkan nilai-nilai yang menyeluruh dan membimbing bagaimana prinsip-prinsip diadopsi dalam mengelola orang.
  • HR Strategy: mendefinisikan arah HRM
  • HR Policies: pedoman bagaimana nilai-nilai, prinsip-prinsip, dan strategi harus diterapkan dan dilaksanakan di daerah tertentu oleh HRM
  • HR Processes: terdiri dari prosedur formal dan metode yang digunakan untuk menempatkan rencana strategis SDM dan kebijakan yang dilakukan
  • HR Practices: pendekatan informal yang digunakan dalam mengelola orang
  • HR Programmer


Tujuan HRM:
  • Memastikan bahwa organisasi mampu mencapai keberhasilan melalui orang-orang yang ada di dalamnya.
  • Fokus pada peningkatan:
    1. Efektivitas organisasi
    2. Pengelolaan  pengetahuan (proses menciptakan, menangkap, membagi, dan menggunakan pengetahuan untuk meningkatkan pembelajaran dan kinerja organisasi)
    3. Mengelola hubungan antar karyawan (menciptakan iklim yang produktif dan harmonis)
    4. Memenuhi kebutuhan yang beragam (mengembangkan dan menerapkan kebijakan yang seimbang sesuai kebbutuhan para stakeholder)
    5. Menjembatani kesenjangan antara harapan dan kenyataan


12 HRM Goals (by Caldwell)
  1. Mengelola orang sebagai aset yang penting untuk keunggulan kompetitif organisasi
  2. Menyelaraskan kebijakan HRM dengan kebijakan bisnis dan strategi perusahaan
  3. Mengembangkan kebijakan SDM, prosedur dan sistem satu dengan yang lain
  4. Menciptakan organisasi yang lebih fleksibel dan mampu menanggapi perubahan dengan cepat
  5. Mendorong kerja tim dan kerjasama lintas bats-batas organisasi internal
  6. Menciptakan filosofi pelanggan sebagai fokus pertama di seluruh organisasi
  7. Memberdayakan karyawan untuk mengelola pengembangan diri mereka
  8. Mengembangkan strategi reward dirancang untuk mendukung budaya berbasis kinerja
  9. Meningkatkan keterlibatan karyawan melalui komunikasi internal yang lebih baik
  10. Membangun komitmen karyawan yang lebih besar untuk organisasi
  11. Meningkatkan garis tanggung jawab manajemen untuk kebijakan SDM
  12. Mengembangkan peran manajer sebagai fasilitator


Karakteristik HRM
  • Adanya perbedaan
  • Penekanan pada integrasi: kemampuan organisasi untuk mengintegrasikan isu-isu HRM kedalam rencana strategis
  • Berorientasi pada komitmen
  • Didasarkan pada keyakinan bahwa orang harus diperlakukan sebagai aset
  • Unitarist bukan Pluralis, Individualis bukan Kolektif dalam pendekatan untuk hubungan karyawan
  • Berfokus pada nilai-nilai bisnis


Faktor yang mempengaruhi kebijakan dan praktik HRM

  • Teknologi: teknologi yang semakin berkembang bisa mengubah sistem cara kerja HRM
  • Tekanan kompetitif: tekanan kompetitif biasanya membuat organisasi lebih baik karna dorongan keinginan untuk bersaing
  • Respon/Tanggapan


Sumber ilmu (Kampus Stikom Surabaya) ingat, yang Surabaya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kelebihan dan Kekurangan On The Job Training serta Off The Job Training

Konektivitas pada Smartphone Android

Rekrutmen dan Seleksi